Kamis, 15 November 2012

Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur


Salam sejahtera

Kandang burung puyuh petelur yang akan saya sajikan ini merupakan kreasi dari Bapak BI. Kandang puyuh petelur ini berbahan kayu dan alas strimin. Mempunyai kelebihan yang menjadi andalan yaitu model alas slorok (bahasa jawa), saya tidak tau bahasa Indonesia-nya slorok itu apa. Yang jelas bukan slow rock.
Karena itu daripada saya sebut dengan kandang puyuh petelur model slorok, mending saya beri nama dengan kandang burung puyuh petelur yang ideal, karena dikreasikan oleh bapak BI.
Untuk persiapan bahan dan biaya yang dibutuhkan, saya sendiri belum pernah membuat dan menggunakannya. Untuk saat ini saya masih memakai kandang yang model lama.
Jadi silahkan dinikmati terlebih dahulu gambar miniatur berikut ini :
Kandang burung puyuh yang ideal tersebut mempunyai ukuran demikian :
  • panjang : 120 cm
  • lebar dalam : 60 cm
  • tinggi : 180 cm

Sekedar dipahami, bahwa populasi ideal burung puyuh di dalam ruangan kandang batre adalah [panjangxlebar] / 222.
Sehingga untuk ukuran kandang seperti gambar tersebut, tiap ruangan idealnya diisi 35 ekor burung puyuh petelur. Baiklah barangkali berani saja diisi 40 ekor silahkan.
Patokan atau standar rumus [panjangxlebar] / 222 akan membawa kondisi yang ideal pula bagi kelanjutan pemeliharaan burung puyuh petelur, baik produktivitasnya, umur produktivitasnya, dan yang jelas ya kesehatannya. Biarpun akhirnya semuanya kembali pada perawatan.
Melihat pada miniatur tersebut, dibuat menjadi 4 (empat) tingkat. Namun permisif juga untuk dibuat menjadi 5 tingkat.
Karena saya sendiri belum pernah membikin dan memakainya, untuk tempat minum dan tempat makan bisa dimodifikasi bagaimana silahkan sesuai dengan keinginan masing-masing peternak.
Apabila dibikin menjadi 5 tingkat, berarti per-unit kandang bisa menampung 200 ekor burung puyuh petelur. Apabila memelihara 1000 ekor berarti membutuhkan 5 unit kandang.
Kelebihan yang diunggulkan untuk model desain kandang burung puyuh petelur yang ideal ini adalah mudah dan praktisnya bila merehab. Alas pijak burung puyuh petelur yang berupa strimin ini bisa dilorot (model slorok), sehingga apabila jangka panjangnya ada salah satu yang rusak, tidak perlu bongkar total kandang, tapi cukup dengan mengambil ( nglorot – bhs jawa) dan kemudian diperbaiki. Praktis kan ?
Silahkan diperhatikan lebih mendetil :
Demikian desain model kandang burung puyuh petelur yang baru tadi saya dapatkan gambarnya.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo