Senin, 26 November 2012

Aktivitas di Rumah Bagi Anak yang Sedang Sakit

Cari aktivitas yang tak terlalu menguras energi si kecil yang sedang sakit.

Ketika anak sakit di rumah, setiap orangtua pasti akan merasa khawatir dan sering kali bingung dengan cara apa mereka bisa mengatasi rasa bosan anak yang terpaksa harus tetap berada di rumah hingga kondisi tubuh mereka membaik. 

Kondisi seperti inilah sebaiknya orangtua menciptakan sejumlah aktivitas dan permainan yang tidak menguras tenaga anak, namun juga bisa mengusir rasa bosan mereka. Berikut lima ide aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk si kecil.

1. Bermain uap di kamar mandi
Jika anak Anda batuk atau pilek, memberikan mandi uap akan membuatnya lebih membaik. Uap hangat akan membantu memperlancar pernapasannya dan menghangatkannya. Jika kamar mandi Anda memiliki air panas, Anda bisa membuat kamar mandi beruap dan kemudian tutuplah pintu kamar mandi. Kemudian ajak si kecil bermain menggambar di cermin yang penuh dengan uap. 

2. Menggambar
Pilihlah krayon dan pensil warna kemudian ambil buku gambarnya. Ajak si kecil menggambar dan mewarnai. Ini adalah aktivitas paling sempurna bagi anak yang sakit karena mereka bisa melakukannya sambil tiduran tanpa harus banyak menguras energi. 

3. Membuat kerajinan tangan
Jika anak Anda suka dengan kegiatan kerajinan tangan, Anda bisa mengambil manik-manik atau semacam lilin yang bisa dibentuk. Biarkan dia mengeksplorasi kreativitasnya dengan membuat kalung atau gelang dari manik-manik, atau membentuk objek-objek kesukaannya dengan lulun tersebut. 

4. Bermain sandiwara boneka
Keluarkan kaus kaki, boneka, atau objek apa pun, dan buatlah sandiwara bersama anak. Biarkan ia menciptakan berbagai macam karakter dari benda sehari-hari yang Anda gunakan. Selain mengasah kreativitas, kegiatan ini bisa memancing imajinasi si kecil. 

5. Membaca buku bersama
Jika anak Anda terlalu lemas untuk melakukan apa pun, tak ada cara yang lebih baik selain menemaninya tidur, menyelimutinya, dan membacakan cerita-cerita dari buku-buku kesukaannya. Biarkan juga si kecil untuk menciptakan alur cerita sendiri untuk mendorong kreativitasnya.

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo